SKETSA BISNIS65

Ide Bisnis | Syariah Marketing | Belajar Bisnis Online

LightBlog

Friday, February 15, 2013

Apakah Bisnis online Halal atau Haram?

Apakah Bisnis online Halal atau Haram?
Pada kesempatan kali ini setelah melakaukan shalat jumat saya berpikir bahwa saat ini banyak orang yang mulai tertarik dengan bisnis Online. Bahkan perusahaan perusahaan besar meski bisnisnya telah berkempbang pesat tetap saja tidak melewatkan peluang bisnis online ini. Pertanyaannya apakah Apakah Bisnis online Halal atau Haram?

Dengan semangat ingin berbagi ilmu saya akan mnyampaikan sebuah tema apakah Bisnis Online Halal atau Haram? Kenapa saya bertanya seperti itu?Kaena banyak orang yang mengebu gebu ingin bisnis online bahkan katanya bisnis online ingi sesuai syariah. Tapi tidak sedikit yang belum paham apa bisnis online sesuai syariah. Karena pada kenyataaanya saat ini banyak yang terjebak atau latah (ikut-ikutan) dengan Istilah Syariah.

Sebenarnya isu syariah atau bisnis syariah mulai buming saat upaya sebagaian umat islam mulai berusaha untuk menuntut penerapan syariat Islam. Di sana sini banyak di gelar diskusi, seminar dan pengajian yang bertemakan penerapan syariah Islam. Bahkan Daerah Istimewa Nangroh Aceh Darussalam memperoklamirkan ingin mnerapakan perda syariah. upaya ini mendapatkan respon darikabupaten-kabupaten lainnya.

Terlepas  benar atau tidanknya dalam menyikapi syariah yang jelas banyak orang bahkan para pebisnis baik offline atau online ikut ikutan bisnisnya pakai lebel syariah.makanya saya tadi mengatakan terlepas benar atau tidaknya. tidak luput dari tu bank pun ramai ramai menhadirkan bank syariah. Seperti Bank syariah mandiri, bank BCA syariah, bank BNI syariah, bank BRI syariah dll.

Tapi saya tidak yakin 100 persen bahwa bank atau perusahaan -perusahaan yang ada saat ini menerapkan konsef syariah benar-benar 100% Syariah? Jawabannya insya Allah di tulisan berikutnya.

Saat ini saya kan membahas tema tentang Apakah Bisnis Online halal atau Haram? Bahasan kali ini akan mengupas tuntas soal bisnis online dillihat dari sudut pandang Islam (syariah).

Perdagangan (bisnis) dalam bahasa arab, disebut tijarah,merupakan aktivitas jual-beli yang di lakukan oleh penjual danpembeli. Dalam perdagangana atau jual-beli terjadi barter barang dengan barang atau barang dengan uang, atau tabadul al-ain bil-ain, aw tabadul al-ain bi al al-naqd.Pandangan ini sebenarnya merupakannkegiatan yang dilakukan sejak awal peradabannya. Sejalan dengan perkembangan manusia, cara dan saranpun senantiasa mengalami perkembangan.

Bentuk perdagangan terbaru yang kian memudahkan penggunanya kini dikenal dengan istilah E-commerce, atau e-busennes.Mahluk apakah sesungguhnya e-commerce itu, bagaiman cara kerjanya, serta hukum islam tentang praktik bisnis ini? semuanya kan di bahasa dalam tulisan selanjutnya...

Sambil menunggu tulisan berkutnya (bersambung) alangkah baiknya anda mengunjungi syariah bisnis online ini. Peluang bisnis ini akanmengupas peraktek bisnis online syariah. info lengkapnya klik disini

1 comment:

  1. Sukses bersama Ustad Yusuf Mansur.
    Insya Alloh Halal & Barokah.

    Segera Join dan fahami bisnis ini disini
    http://www.vsitop99.com/?m&id=wawangosuccess

    Lihat Video Launchingnya, bersama Ustd YM.
    http://www.youtube.com/watch?v=Oz4WUriBqY4&feature=youtu.be

    ReplyDelete

Adbox